Monday, October 20, 2014

2014/10/18-台北夢想嘉年華Dream Community Cultural Education Develop Foundation


“2014 Dream parade ~ 2014 台北夢想嘉年華”
Pawai Ogoh Ogoh dream parade yang di iringi gamelan Bleganjur dan Tari Kecak ( yg di bawakan Mahasiswa Taipei ), begitu juga Junie ikut di dalamnya . Parade ini di selenggarakan oleh dream Community Cultural Education Develop Foundation Taipei , ini bertujuan untuk memperkenalkan Kebudayaan tradisi Bali Indonesia .
*Ogoh Ogoh [ di ibaratkan patung raksasa ] ini di Bali biasanya di selenggarakan sehari sebelum Hari Raya Nyepi yaitu pada saat MEGOBOG yaitu ; semua penduduk Bali akan berkeliling rumah dan berkeliling di sekitar pedesaan sambil beramai ramai menggotong ogoh ogoh , yang diiringi oleh Gamelan Bleganjur dan sambil membawa Obor [api] tujuan ini kita lakukan adalah untuk mengusir hal-hal buruk di sekitar Kita , Usai pawai / megobog Ogoh ogoh itu akan kita bakar . Dan besoknya akan di lanjut dengan Merayakan Hari Raya NYEPI . Hari Raya Nyepi adalah merupakan Tahun Baru Caka Bali, Hari nyepi biasanya jatuh pada bulan Maret atau April , pada saat ini semua orang harus tinggal di rumah, tidak boleh pergi keluar rumah dan tidak boleh melakukan aktivitas seperti biasanya . pada saat Nyepi juga tidak boleh menyalakan api dan lampu, lampu harus dipadamkan. Sebaiknya melakukan meditasi , suasana Tenang dan pikiran yang bersih berdoa untuk kebahagiaan di tahun mendatang.

台北夢想嘉年華 ' 大遊行要介紹巴里島的文化是 ogoh ogoh day ;
Nyepi(寧靜日)也就是巴里島的新年, 這個節日平常是會在三和 四月分 , 這天每個人都要待在家裡 ,不能出去不能使用火也不能開燈,燈火都要熄滅。 並沉思、祈求來年的幸福。Nyepi的前一天每個市區都會手工做 Ogoh - Ogoh ( 類似驅魔的模型) , 傍晚時所有巴里島當地人會舉辦 ogoh - ogoh遊行 [ MEGOBOG ] ,年輕人會扛著Ogoh – Ogoh模型,手上會拿著OBOR [ 火 ] 還有樂隊在一旁演奏,遊行會舉行到半夜,結束之後並把
Ogoh – Ogoh模型燒掉,表示趕走不好的東西。



 

 

 



 


 


 

 

 

No comments:

Post a Comment